Jumat, 26 November 2010

Manusi dan Keindahan

Manusia dan Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah yang berarti cantik, manis, elok, anggun, dll. Keindahan dapat kita rasakan dimana saja dan kapan saja. Keindahan dapat dirasakan pada diri sendiri maupun pada alam sekitar kita. Seperti saat kita berpakaian yang cantik, saat kita melihat pemandangan alam yang begitu indah dan dapat juga saat kita lihat lukisan yang indah. Keindahan sebenarnya identik dengan keistimewaan yang kita rasakan.
Keindahan menurut arti luas sesuatu yang dilihat seseorang dengan penglihatan yang mencerminkan suatu sikap yang baik. Keindahan juga dapat diartikan sebagai suatu kebiasaan dan tingkah laku. Jadi berdasarkan penglihatan keindahan dibagi menjadi arti antara lain :
-          Keindahan  seni
-          Keindahan alam
-          Keindahan moral
Keindahan dalam arti sempit adalah sesuatu yang hanya mencangkup bagian - bagian yang tertentu.jadi keindahan pada dasarnya sesuatu yang dilandasi dengan kesatuan ,keselarasan,dan keseimbangan. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan kaeindahan adalah keselarasan,baik dari garis warna,bentuk maupun warna.
Menurut saya sendri keindahan tersebut perlu kita punya sebagai keahlian atau skill, keindahan dalam cara berbicara, berpakaian, dan bersikap. Tapi banyak orang yang salah  memandang dengan sebelah mata tentang keindahan itu. Orang – orang sering berpakaian yang rapi tapi ternyata tidak sebanding dengan tingkah lakunya. Kita sebagai warga Negara Indonesia yang terkenal dengan adat istiadatnya harus mempertahankan itu dengan sebaik – baiknya agar “adat istiadatnya” tidak tercemar dengan adanya kebudayaan yang masuk kedalam Negara kita.
Keindahan juga dapat dilihat dari keindahan alam sekitar, bersih atau tidak. Karena keindahan lingkungan kita mencerminkan tingkah laku kita pribadi. Jadi kita rajin – rajinlah menjaga keindahan lingkungan kita. Dan sebetulnya keindahan itu juga dapat membuat kita betah dengan situasi keindahan lingkungan kita sendiri.

Sumber            : http://blog.gunadarma.ac.id
                        : Buku Panduan Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar