Minggu, 08 April 2012

KASIH SAYANG ORANG TUA TERHADAP ANAK



Anak merupakan titipan dari Tuhan yang harus dijaga dan dicintai. Peran dan kasih sayang orang tua dalam membesarkan dan mendidik sang anak sangatlah penting. Ayah ibu anak merupakan lingkungan pertama yang akan dikenal oleh sang anak kelak dan sangat berperan penting membentuk kepribadiannya. Pola asuh yang benar akan membuat anak berkembang dengan baik dan juga sebaliknya. Hal yang penting bagi orang tua adalah bahwa membesarkan anak bukanlah ajang coba-coba, metode pola asuh melainkan harus mutlak dilakukan dengan benar dan penuh kasih sayang bukan dengan cara kekerasan. Karna dengan mendidik anak dengan baik, maka nantinya saat sang anak telah dewasa akan mencerminkan yang baik juga yang telah di ajarkan oleh orang tuanya.
Kasih sayang orang tua terhadap anak-anaknya biasanya tak dapat di gantikan oleh siapa pun. Secara kodrat juga anak sangat butuh perlindungan dan kasih sayang dari orang tua, karena demi kelangsungan harus disesuaikan dengan jalannya perkembangan sang anak. Kasih sayang yang berlebih-lebihan (over protection) orang tua terhadap anak, misalnya perlindungan agar terhindar dari kesulitan-kesulitan anak, sehingga anak selalu ditolong dalam segala hal, akhirnya anak tidak berdiri sendiri (mandiri). Anak akan selalu ragu-ragu dan takut, tidak percaya pada kekuatan sendiri. Anak dapat menjadi penurut, patuh tak punya pendirian. Dapat pula ingin menjadi anak yang selalu berkuasa, menjajah, egoistis. Bila menghadapi kesulitan, penyesuaian diri kurang atau tidak baik sehingga maladjustment.
Kasih sayang yang kurang (ditolak orang tua), orang tua yang kurang bertanggung jawab sebagai ayah dan ibu. Misalnya tetap senang hidup seperti waktu sebelum kawin, mementingkan diri sendiri. Anak-anak cukup diserahkan pada orang lain biasanya pada baby sister, sebab anak dianggap sebagai beban yang merepotkan saja. Anak-anak ini akan merasa kecewa, terhina, dan kesepian serta cenderung menarik diri bila berlarut-larut, kurang memiliki cinta kasih dan kurang simpati terhadap orang lain. Ada kalanya agresif selalu ingin pergi mencari kesenangan hati.
Tapi zaman sekarang para orang tua lebih antusias memakai jasa baby sister, mungkin untuk membantu mengurus anak dan beralasan karna orang tua sibuk dengan pekerjaan. Tapi bagaimana pun, kalau kita sebagai orang tua kita harus tetap aktif untuk mendidik dan memantau pertumbuhan sang anak. Karna anak sangat lah butuh kasih sayang dari kedua orang tuanya bukan melainkan kasih sayang dari baby sister. Anak juga butuh perhatian yang lebih dari orang tuanya dan pelukan dari orang tuanya. Pelukan orang tua kepada anak dapat menimbulkan ikatan batin dan kasih sayang yang kuat antara anak dan orang tua. Mendapat pelukan berarti mendapat dukungan, dan bagi yang memeluknya berarti akan menimbulkan rasa percaya diri.
Jadi kasih sayang terhadap anak itu sangatlah penting untuk membentuk kepribadian sang anak. Tapi bagaimana pun kita berkewajiban menjaga anak dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu sempatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga kecil anda. Mungkin saat sarapan pagi dengan keluarga, dengan cara berbincang-bincang yang ringan saja. Memberikan sarapan special kepada anak anda. Dan biasakan sebelum anda berangkat bekerja berilah pelukan dan ciuman kasih sayang pada anak anda. Agar sang anak tidak merasa kesepian dan di sayang oleh anda meskipun orang tuanya sibuk.

DAFTAR PUSTAKA
Siti Sundari, HS. 2005. Kesehatan Mental. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar